HARGA TERJANGKAU KUALITAS TERBAIK

Sabtu, 13 April 2013

Pipa Tembaga Standart Instalasi Gas Medis

Sudahkah standart medis pipa tembaga Instalasi Gas Medis di Rumah sakit Anda?????
Banyak yang belum paham benar seperti apa beda pipa tembaga gas medis, pipa air atau pipa AC, masing-masing  memiliki ASTM berbeda -beda. Pada artikel lain pada blog ini sudah membahas type ASTM pipa tembaga untuk bermacam-macam aplikasi. untuk yang berikut  ini kita spesifik ke ASTM B-819 medical gas. Pada type ASTM B-819 kandungan tembaga s.d 99.9%, kandungan phosporus maks 0,05%, terdapat syarat steril memiliki ketahanan terhadap mikrobakteri, jamur, virus serta mikroba lain yang berbahaya terhadap manusia.
Banyak pihak yang beranggapan pipa tembaga terbaik untuk gas medis didasarkan oleh merk dan grade ketebalan pipa, hal tersebut jelas kurang benar. Pipa tembaga merk A dengan grade Type K belum tentu  lebih bagus dibandingkan Merk B dengan grade type L. Untuk kekuatan dan ketahanan sebuah pipa memang diperlukan type yang baik, namun yang utama adalah pemilihan jenis ASTM gas medis.
Langkah-langkah pemilihan jenis pipa tembaga pada saat perencanaan instalasi gas medis adalah sebagai berikut; langkah pertama memilih ASTM yang benar, kedua menentukan merk pipa yang sesuai anggaran, ketiga menentukan type grade pipa K atau L, keempat berkonsultasi mengenai ukuran diameter pipa dengan perencana dan kontraktor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar